Pencegahan Semburan Dari Luar Pipa : Annular Type BOP

Annular Blow Out Preventer merupakan alat penutup lubang yang paling fleksibel, yaitu dipergunakan untuk menutup lubang pada segala keadaan baik ada pipa dengan berbagai ukuran dan bentuk, maupun untuk menutup lubang pada keadaan lubang kosong tidak ada pipa (untuk kondisi emergency saja).
Hal ini dimungkinkan karena peralatan pencegah semburan liar tipe Annular memiliki elemen penutup (packing element) yang dibuat dari karet, dimana pada kondisi terbuka atau tidak mendapat tekanan tutup packing elemen memiliki lubang ditengah untuk dilalui pipa sebesar maksimum diameter lubang BOP. Sebaliknya jika dioperasikan untuk menutup lubang bor maka piston pendorong packing element akan menekan packing element tersebut sehingga ia akan mengembang ke dalam, akibatnya lubang ditengah akan menyempit dan menutup menyesuaikan bentuk pipa yang ditutup serta memberikan kerapatan yang baik.
PSL tipe annular pada posisi packing element tertutup juga dapat dioperasikan untuk keperluan pipa bor yang digerakkan masuk, mancabut ataupun diputar (stripping in, strippng out dan rotating) dengan PSL tetap dapat memberikan kerapatan menutup sumur.

Komponen-komponen utama BOP type Annular adalah :
1.head cover
2.wear plate
3.packing element
4.opening chamber
5.piston
6.closing chamber
7.piston indicator hole
8.body
9.slotted body sleeve
10.seal-seal

Dalam mengoperasikan BOP type Annular ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, yaitu :

a.Untuk mendapatkan usia pakai (life time) yang panjang dari packing element ada beberapa hal yang harus dipenuhi yaitu :
-Pergunakan tekanan hydrolik untuk menutup tidak lebih dari 1500 psi dan selanjutnya turunkan tekanan tersebut serendah mungkin sebesar yang disarankan oleh pabrik pembuat.

-Jangan pergunakan PSL tipe Annular untuk menutup lubang sumur tanpa pipa atau wire line bila tidak dalam keadaan darurat.

-Saat uji tekanan atau uji fungsi (function test) PSL tipe Annular pipa bor harus dipasang dan tekanan tutup hidrolik yang diberikan sebesar yang disarankan pabrik.

-Dalam pekerjaan stripping in / out tekanan hidrolik penutupan disarankan diturunkan sekecil / seoptimum mungkin, sehingga ada sedikit kebocoran fluida pemboran disekeliling pipa atau berikan pelumas pada permukaan pipa bila hal tersebut tidak memungkinkan.

-Packing element yang dipasang harus dari type yang sesuai dengan type lumpur yang dipakai dan kondisi temperatur lingkungan.

Terdapat tiga tipe karat yang dipergunakan sebagai bahan dari packing element yaitu :
-Type Natural Rubber (karet alam), terbuat dari bahan karet alam sangat cocok dipakai pada kondisi pemboran memakai lumpur dengan bahan dasar air (water base mud). Packing element untuk type natural rubber berwarna hitam dan diidentifikasikan dengan kode huruf ”NR” atau ”R”.

-Type Nitrile Rubber, terbuat dari karet synthetic compound cocok dipergunakan untuk kondisi pemboran memakai lumpur dengan bahan dasar minyak (oil base mud) atau lumpur dengan memakai campuran diesel oil. Packing element ini diidentifikasikan dengan tanda huruf ”NBR” atau ”S” dan mempunyai strip / sabuk berwarna merah.

-Type Neoprene Rubber, karet packing element terbuat dari karet synthetic compound juga. Ia dapat dipergunakan untuk kondisi pemboran memakai lumpur dengan bahan dasar air ataupun minyak dan type ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dibanding dengan type karet alam. Packing element ini diidentifikasikan dengan tanda huruf ”CR” atau ”N” dan diberikan sabuk / strip warna hijau.

b.Gantilah packing element apabila rusak lelah atau pecah-pecah terkupas sehingga ada kemungkinan tidak dapat memberikan kerapatan penutupan atau usia pakainya tidak lama lagi. Sebaiknya di unit rig senantiasa tersedia cadangan packing element dan seal-seal yang diperlukan.

c.Bersihkan endapan lumpur, semen dan lain-lain dari bagian dalam annular BOP agar piston pendorong packing element dapat bergerak bebas (langkah penuh) pada posisi buka.

d.Untuk memperkecil kerusakan akibat tersebut di atas beberapa aturan dan prosedure yang disarankan untuk penyiapan PSI dan Packing elemen adalah sebagai berikut :
-Simpan ditempat yang teduh di luar ruangan, jauhkan dari jendela tempat masuknya sinar matahari dan juga tidak dekat dengan lampu.
-Sebaiknya disimpan ditempat yang sejuk dan jangan disimpan di dekat motor listrik, switch gear atau alat lain dengan arus listrik bervoltase tinggi.
-Simpan pada keadaan relax (akan cepat rusak bila karet disimpan pada keadaan bertekanan).
-Jagalah ruangan penyimpanan tetap kering, bersih dari minyak dan grease.
-Untuk jangka panjang boleh disimpan dalam tempat tertutup dan diberi pelindung permukaan.
-Pakailah selalu dengan urutan karet yang paling lama disimpan terlebih dahulu, agar karet yang baru dipakai belakangan, sehingga terhindar rusaknya karet lama.
Pada operasi di lapangan banyak ditemui berbagai pabrik pembuat BOP type Annular dan yang populer dipergunakan diantaranya adalah Hydril, Shaffer, Cameron, dan WOM (Worldwide Oilfield Manufacture)

0 comments:

Post a Comment

Recent Post