Pencegahan Semburan Dari Luar Pipa : Annular Type BOP Produksi Hydrill

Annular Type BOP produksi Hydril merupakan jenis PSL annular yang banyak dan populer dipergunakan di lapangan dengan model atau tipe yang terdiri dari :
-Model GK Annular BOP, tersedia untuk operasi dengan tekanan kerja 3000 psi sampai 15.000 psi WP dan tipe ini merupakan tipe yang populer dan banyak dipakai.
-Model MSP Annular BOP, tersedia untuk operasi dengan tekanan kerja rendah dari 500 psi sampai 2000 psi WP (Working Pressure).
-PSL Model GL Annular, tersedia untuk operasi tekanan kerja 5000 psi WP dan kebanyakan dipakai untuk operasi pemboran dengan PSL di dasar laut.
-PSL model GKS merupakan tipe khusus yang dipakai untuk operasi snubbing dengan ukuran yang kecil dengan tekanan kerja 3000 psi sampai 10.000 psi WP.

a.PSL ANNULAR HYDRIL TYPE GK.
Tipe ini merupakan produksi Hydril yang paling banyak dipakai dibanding tipe lainnya. Type GK dapat dipakai untuk PSL yang dipasang di permukaan (surface BOP stack system) maupun yang dipasang di dasar laut (subsea BOP stack).
Packing element atau packing unit dari Hydril dibuat dari karet alam atau karet sintetis yang telah dibicarakan pada bab terdahulu. Packing element memiliki deretan jari-jari baja yang bersatu dengan karet tersebut, untuk penghimpit dan memperkuat karet saat penutupan. Pencegah semburan liar ini ditutup dengan mempergunakan tekanan hidrolik melalui closing chamber untuk mendorong piston. Karena bentuk permukaan piston yang bersinggungan dengan packing element yang berbentuk konis, maka pada saat piston bergerak ke atas karena tekanan hidrolis maka jari-jari packing element merapat dan karet akan mengembang ke dalam dan melakukan penutupan.
Design semua PSL Hydril tipe GK dan tipe MSP khusus untuk ukuran 21 ¼” - 2000 psi wp adalah ”Well bore assist” yang berarti bahwa tekanan tambahan pada piston dan packing elemen untuk menutup lebih rapat ke dalam.
Hal ini merupakan kelebihan dari tipe tersebut dan merupakan bahaya atau kelemahan PSL tipe ini apabila tidak dikontrol / diatur dengan baik tekanan hidrolik penutupannya karena dapat menyebabkan packing element rusak jika tekanan hidrolik penutup tidak diturunkan seiring dengan naiknya tekanan sumur.
Pada saat operasi drilling normal tekanan hidrolik penutup annular sebaiknya harus diset sedikit lebih besar dari tekanan awal untuk menutup lubang terbuka (complete shut off / CSO) apabila lubang tidak ada drill stem atau sedang well logging yang dalam hal ini diperlukan ± 1.150 psi.
Perlu diingat bahwa tidak semua tipe annular BOP memiliki sifat dan karakteristik yang sama. Sebagai contoh untuk Hydril 29 ½” MSP untuk tekanan sumur yang semakin tinggi diperlukan tekanan hidrolik penutup yang semakin besar sedang untuk type GL
16 ¾”, 18 ¾”, 13 5/8”, - 5.000 psi diperlukan tekanan penutup hanya sedikit lebih besar meskipun tekanan sumur naik besar sekali. Oleh karenanya jalan terbaik buatlah peringatan dan letakkan manual operasi PSL annular di rig untuk dapat dipelajari dan dipergunakan sebagai penuntun operasi setiap orang. Seperti contoh tabel dari pabrik diatas dapat dipergunakan untuk pedoman operasi.

b.PSL Hydril Type MSP.
PSL ini di design untuk tekanan sumur rendah sampai menengah. Hydril MSP dengan tekanan kerja 2.000 psi dan 1.000 psi di design mirip dengan GK yaitu ”well bore pressure operated” tetapi khusus untuk MSP 29-1/2” – 500 psi di design khusus untuk beroperasi dengan memelihara tekanan disaluran tekanan tutup. Apabila tekanan sumur naik maka tekanan hidrolis penutup di naikkan pula.
Hydril MSP 500 psi dan 1.000 psi WP biasa dipergunakan untuk diverter yang dipasang pada stove pipe 30”. Khusus pada Hydril MSP 29-1/2” – 500 psi hanya memiliki closing chamber tanpa opening chamber dan pembukaan PSL ini hanya diperlukan dengan pembuangan tekanan hidrolis pada saluran tekan penutup (closing chamber). Sebagai pedoman untuk operasi dan test BOP tipe ini dapat mempergunakan tabel dari pabrik mirip contoh diatas.

0 comments:

Post a Comment

Recent Post