Pencegahan Semburan Dari Luar Pipa : Annular Type BOP Produksi Shaffer

Prinsip kerja penutupan BOP ini, yaitu bila tekanan hidrolik diberikan melalui closing port maka piston akan mendorong packing element ke atas dan karena bentuk dari head adalah semi spherically (seperti sebagian bola) maka jari besi dari packing element akan semakin merapat dan akibatnya karet akan mengembang ke dalam melakukan penutupan. Seperti umumnya annular BOP ini mampu melakukan penutupan dan pekerjaan yang dapat dilakukan oleh HYDRIL BOP. Dilihat dari ukuran tingginya BOP ini lebih pendek 15 sampai 20% dibanding dengan beberapa type BOP lain.
Type BOP ini tersedia dengan head bolted cover dan wedge cover (latch down) tergantung dari ukuran BOP dan Packing Element tersedia dari karet alam dan nitrile rubber. BOP ini dapat dipergunakan untuk instalasi di dasar laut (sub sea stack). Untuk operasi di sub sea stack pengaruh tekanan hidrostatis lumpur di marine riser relatif kecil terhadap tekanan penutupan.

Tekanan sumur di well head setelah BOP tertutup tidak dapat membantu merapatkan penutupan BOP, tetapi justru semakin tinggi tekanan sumur diperlukan tekanan hidrolik yang semakin tinggi pula.
BOP ini memerlukan tekanan hidrolis untuk menutup 1500 psi untuk pipa yang berukuran 7 inch atau lebih kecil berada dalam lubang. Apabila pipa yang berukuran lebih besar dari 7” tekanan hidrolik penutup harus diturunkan agar supaya casing yang ditutup tidak collapse.

Packing Element
Packing element terdiri dari karet dan jari-jari baja yang berfungsi sebagai penghimpit karet agar mengembang ke dalam waktu penutupan dan sekaligus sebagai penuntun dan penguat karet.
Karet dari packing element terdapat 2 jenis :
•Karet alam (natural rubber), diberi tanda merah, ia sangat cocok untuk operasi dengan lumpur dengan bahan dasar air dan pada temperatur rendah. Tetapi ia akan berumur pendek untuk lumpur dengan bahan dasar minyak (oil base mud).
•Karet nitrile (karet sintetis), diberi tanda biru, ia sangat cocok untuk operasi dengan lumpur bahan dasar air ataupun lumpur bahan dasar minyak.
•Cara penyimpanan dan pemeliharaan packing element dari sperical BOP ini sama dengan cara penyimpanan dan pemeliharaan dari Hydril Packing element yang telah dibahas terdahulu.

0 comments:

Post a Comment

Recent Post