Pencegahan Semburan Dari Luar Pipa : Annular Type BOP Produksi Cameron dengan Model D

Type ini relatip baru di industri pemboran dan telah cukup banyak dipakai dengan kelebihan : lebih ringan, lebih pendek dan memerlukan lebih sedikit hidraulik fluid untuk menutup annular BOP dengan ukuran dan tekanan kerja yang sama. Packer dari unit ini merupakan heavy molded ring dari karet dengan reinfarced steel insert.
Pada operasi penutupan tekanan hidraulik akan mendorong ”T” piston bergerak mendorong pusher plate. Karena pusher plate bergerak ke atas maka karet yang besar (do nut) mengembang ke dalam dan mendorong.
Tekanan hidraulik penutupan pada keadaan untuk semua ukuran pada tahapan awal (initial closure) 1500 psi dan maksimum 3000 psi.

Untuk keperluan stripping disarankan seperti BOP lainnya yaitu harus diberikan sedikit kebocoran lumpur untuk pelumasan dan tekanan hidraulis diturunkan dengan estimasi tergantung tekanan sumur.
Ps = 600 psi + 0,25.Pa
Ps = stripping pressure
Pa = annular pressure

Element penutupan BOP ini tidak dipengaruhi oleh tekanan sumur. Semakin tinggi tekanan sumur semakin tinggi pula tekanan hidraulis penutupan yang diperlukan.
Cameron tidak mengijinkan mengganti packer element dengan memotong packer di lapangan untuk mengganti. Tetapi harus memakai split packer yang disediakan khusus di Cameron.Type BOP ini tersedia di lapangan, dari ukuran 7 1/16”, 11”, 13 5/8” dan 18 ¾” dengan tekanan kerja 5000 psi dan 10.000 psi.

0 comments:

Post a Comment

Recent Post